Rabu, 20 Juni 2018

Belajar Membuat Brainstorm

Assalamu’alaikum…

Hai gaes, untuk postingan kali ini aku bakal sharing materi seputar pembuatan brainstorm sebelum melakukan liputan. Oke stay tune yaa. Berikut pembahasannya.


Kali ini Ibu Artika selaku dosen pengampu mata kuliah jurnalistik kami memberikan sebuah tugas untuk membuat sebuah berita dimana kami harus melakukan liputan secara langsung. Berita tersebut harus memuat masalah seputar kampus kami. Untuk itu kami dibagi menjadi beberapa kelompok. Nah sebelum melakukan liputan, kami diharuskan membuat brainstorm untuk memfokuskan objek liputan kami.

Pertama, kami harus memilih topik yang berbeda-beda sesuai dengan jumlah kelompok kami. Kemudian kami harus menyepakati satu topik yang akan kami jadikan topik liputan. Nah, dari topik terpilih tersebut kami bagi lagi menjadi beberapa angle liputan agar lebih terfokus. Setelah itu, kami hanya akan memilih satu angle liputan yang akan kami jadikan sebuah berita nantinya. Dari satu angle tersebut kemudian diubah menjadi kalimat tanya how atau why agar masalah yang akan kami liput benar-benar jelas dan tidak melebar. Setelah itu, baru ditentukan minimal tiga orang narasumber beserta daftar pertanyaannya.

Dan berikut ini adalah hasil branstorm milik kelompok kami.


Usulan topik berita seputar UINSA :
1.      Pentingnya gazebo di UINSA
2.      Optimalisasi fasilitas perpustakaan
3.      Larangan berjualan di dalam gedung FTK
4.      Penghijauan di UINSA
5.      Padatan lahan parkir di UINSA
6.      Kehilangan di lingkungan UINSA
7.      Optimalisasi fasilitas fakultas tarbiyah

Topik terpilih : Optimalisasi fasilitas fakultas tarbiyah

Angle (sudut pandang) :
1.      Kelayakan bangku di gedung E1
2.      Proyektor yang tidak berfungsi dengan baik
3.      Tidak berfungsinya beberapa fasilitas di kamar mandi
4.      Kenyamanan dan kebersihan mushollah di gedung FTK
5.      Tdak adanya koperasi
6.      Tidak adanya mushollah di gedung E1

Angle terpilih : Tidak adanya mushollah di gedung E1

How / Why : Mengapa di gedung E1 tidak disediakan mushollah?

Narasumber :
1.      Mahasiswa
2.      Cleaning service
3.      Pegawai bagian fasilitas fakultas

Daftar pertanyaan :
1.     Mahasiswa
·         Dimana selama ini Anda sholat ketika ruangan yang awalnya dijadikan mushollah kemudian ditutup?
·         Seberapa pentingkah adanya mushollah di gedung E1?
·         Apakah Anda bersedia ikut serta menjaga kebersihan mushollah apabila nantinya dibangun mushollah di gedung E1?

2.      Cleaning service
·         Sejak kapan mushollah di gedung E1 ditutup?
·         Apakah harapan Anda pada mahasiswa apabila di gedung E1 dibangun musollah?
·         Apakah Anda merasa keberatan dalam hal kebersihan apabila di gedung E1 dibangun mushollah?

3.      Pegawai bagian fasilitas fakultas
·         Mengapa ruangan di gedung E1 yang sebelumnya dijadikan mushollah kemudian ditutup?
·         Apakah akan ada rencana pembangunan mushollah di gedung E1?
·         Mengapa tidak segera dibangun mushollah di gedung E1?


Okedeh itu aja yang bisa aku share ke kalian. Semoga bermanfaat ya gaes.

Wassalamu’alaikum…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Metode efektif untuk melatih kedisiplinan anak dalam menjalankan ibadah sholat

Bunda merasa kesulitan membiasakan anak untuk mengerjakan sholat 5 waktu? Udah pake berbagai cara tapi anak tetep lalai dalam sholatnya? Mun...