Minggu, 24 Juni 2018

Making Feature News Step 4 : Membentuk Struktur Berita

Assalamu’alaikum…

Hai gaes, untuk postingan kali ini aku bakal share hasil penyusunan berita aku setelah melalui beberapa tahapan seperti pembuatan brainstorm, wawancara narasumber, dan konsultasi dengan dosen pengampu. Jadi, bisa dibilang kalo ini adalah proses terakhir dalam pembuatan feature news atau projek UAS aku sebelum bener-bener jadi berita yang utuh. Oke stay tune yaa. Berikut pembahasannya.


Jadi setelah melakukan proses wawancara dan konsultasi, langkah berikutnya adalah menyusun poin-poin penting dari hasil wawancara menjadi struktur piramida terbalik sebagaimana materi yang pernah aku share sebelumnya.

Dan berikut ini adalah hasil penyusunan beritaku.

How / why : bagaimana siswa yang selalu membantu orang tuanya bekerja namun tetap berprestasi di sekolah?

Hasil wawancara :
1. Muhammad Abi Maulana (siswa)
  • Membantu mengirim LPG setiap ada orang order dan menyetor sampah bersama ayah 1 minggu sekali.
  • Sambil membantu orang tua juga bisa sambil main, karena jarang pergi main.
  • Cara belajarnya yaitu dengan sering membaca buku karena sudah menjadi kesukaan, terutama untuk buku IPS.
  • Banyak mengikuti ektrakulikuler di sekolah, seperti jurnalis, UKS, pramuka, dinia, banjari, drumband, satgas, dan duta lingkungan hidup.

2. Siti Mariani (ibu siswa)

  • Kegiatan Abi di rumah yaitu mengaji, belajar, dan membantu orang tua.
  • Tidak ada metode pembelajaran khusus untuk Abi, sejak kecil ia selalu belajar sendiri, hanya perlu membaca setiap hari 1 sampai 2 jam.
  • Selalu peringkat satu sejak kelas 1 hinggga kelas 5. Ia juga pernah juara 3 kecamatan dalam lomba 3M dan juara 1 di sekolahnya dalam lomba menghafal asmaul husna dengan artinya.
  • Abi sering ikut lomba, diantaranya yaitu pildacil, MIPA, sepak bola, skak, banjari, dan drumband.

3. Asmenik (nenek siswa)

  • Abi adalah anak yang penurut, rajin, dan selalu menerima keadaan orang tuanya.
  • Abi selalu membantu orang tuanya setiap hari. Terutama saat bulan puasa, ia bahkan membantu menjaga toko mulai dari habis maghrib hingga waktu sahur.
  • Ketika menjaga toko, Abi biasanya melayani orang-orang yang membeli jajan dan mie instan untuk dimasak. Jika ada sampah datang yang dibawa ayahnya, Abi membantu mengangkat karung sampah tersebut. Atau jika ayahnya datang membawa barang dagangan seperti galon dan LPG dia juga membantu mengangkatnya masuk ke dalam rumah.

Struktur piramida terbalik :

  • Lead : Kesibukan membantu orang tua tak menghalangi Abi untuk berprestasi di sekolah.
  • Body 1 : Selain mengaji dan belajar, kegiatan Abi selama di rumah adalah membantu pekerjaan kedua orang tuanya.
  • Body 2 : Abi bahkan membantu menjaga toko mulai dari habis maghrib hingga waktu sahur ketika bulan puasa.
  • Body 3 : Abi selalu menduduki peringkat pertama sejak kelas 1 hingga kelas 5.
  • Body 4 : Abi juga beberapa kali meraih juara dalam perlombaan yang diikutinya.
  • Body 5 : Prestasi dapat Abi raih hanya dengan membaca antara 1 sampai 2 jam setiap harinya.
  • Body 6 : Bukan hanya di rumah, di sekolah pun Abi begitu aktif mengikuti berbagai kegiatan.
  • Body 7 : Tidak menjadi masalah bagi Abi walau hanya makan nasi dan sayur tanpa adanya lauk.
  • Body 8 : Abi dapat pergi ke sekolah sendiri dengan sepeda mungilnya walau harus menempuh jarak 3 km.
  • Penutup : Abi tak pernah malu atas kedaannya dan tak pernah takut dibully karena pekerjaan orang tuanya.

Okedeh itu aja yang bisa aku share ke kalian. Semoga bermanfaat ya gaes.

Wassalamu’alaikum…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Metode efektif untuk melatih kedisiplinan anak dalam menjalankan ibadah sholat

Bunda merasa kesulitan membiasakan anak untuk mengerjakan sholat 5 waktu? Udah pake berbagai cara tapi anak tetep lalai dalam sholatnya? Mun...